Tingkatkan Kompetensi Peneliti, Kemenag Imbau PTKI Bikin Klinik Penelitian

| Senin, 19/04/2021 16:14 WIB
Tingkatkan Kompetensi Peneliti, Kemenag Imbau PTKI Bikin Klinik Penelitian Gedung Kementerian Agama (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama (Kemenag), Suyitno Penelitian di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), baik oleh dosen maupun mahasiswa, dinilai masih perlu ditingkatkan.

"Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) PTKI diminta untuk membuka Klinik Penelitian," kata Suyitno dalam keterangan persnya, Senin 19 April 2021.

Menurut Suyitno, PTKI harus mampu menjadi lembaga kredibel yang dapat melakukan prediksi atas fenomena sosial, budaya, politik, dan keberagamaan, baik tingkat global maupun lokal. 

Klinik Penelitian, kata Suyitno, selain melakukan kaderisasi peneliti dan memperkuat para mahasiswa yang sedang menulis skripsi, tesis, atau disertasi, juga memberikan bimbingan agar mereka dapat memperoleh proposal penelitian yang dapat melakukan prediksi dengan basis ilmu pengetahuan.

“Sudah saatnya, LP2M melakukan klinik proposal untuk menghasilkan rencana penelitian yang lebih meningkatkan mutu hasil penelitiannya, baik dari segi teoritik ataupun kemanfaatan bagi masyarakatnya. Tentu saja, hal itu tidak mengurangi dari tugas dan fungsi LP2M, di mana kurang lebih 70% menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni penelitian dan pengabdian," ungkap Suyitno.

Tags : Kemenag , Penelitian

Berita Terkait