Gus Menteri Minta Bupati Jember Kawal Pemanfaatan Dana Desa

| Senin, 28/06/2021 14:11 WIB
Gus Menteri Minta Bupati Jember Kawal Pemanfaatan Dana Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar ((kanan) foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memuji proses pendataan SDGs Desa yang dilakukan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. 

"Alhamdulillah (pendataan SDGs) sudah jalan bagus, mudah-mudahan segera selesai sehingga berbasis SDGs desa bisa memetakan mana kelompok desa yang betul betul butuh intervensi disamping pemanfaatan maksimal dana desa," jelas Menteri Halim Iskandar dilansir kemendesagoid, Minggu 27 Juni 2021 kemarin.

Gus Menteri, sapaan akrabnya, mengungkapkan, pendataan SDGs Desa sedang dilakukan seluruh desa di Indonesia dan diharapkan berakhir pada Agustus 2021. Data yang didapatkan dari desa tersebut akan dijadikan pedoman untuk menemukan masalah dan potensi dalam pembangunan desa.

Lebih lanjut Gus Menteri berharap Bupati Jember, Hendy Siswanto akan terus mengawal pemanfaatan dana desa sebagaimana mestinya, "Saya berharap pak Bupati kawal betul pemanfaatan dana desa supaya searah seiring dengan setrategi pembangunan nasional dan strategi pembangunan kabupaten Jember," ungkapnya.

Data menjadi kunci utama dalam perencanaan dan pembangunan. Oleh karenanya hal tersebut menjadi sangat penting dan harus dikawal oleh semua pihak.

"Kunci pendampingan adalah data. Ketika data sudah lengkap dan pak Bupati tahu persis peta kemiskinan tertinggi dimana, bagaimana cara yang tepat untuk dilakukan, potensi pertumbuhan ekonomi yang bagus dimana, dana desa dioptimalkan dan didampingi APBD pasti akan maksimal," tutupnya. 

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait