46 TKA Asal China Masuk Indonesia Saat PPKM Darurat

| Senin, 05/07/2021 16:59 WIB
46 TKA Asal China Masuk Indonesia Saat PPKM Darurat Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (foto:Instagram/bandarasultanhasanuddin)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah tengah manjalankan Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di saat kenaikan kasus COVID-19 yang terus melambung tinggi. Namun, kenyataannya arus kedatangan warga negara asing (WNA) masih saja terjadi. Sebanyak 46 TKA asal China tiba mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Stakeholder Relations Manager, Angkasa Pura I, Iwan Risdianto membenarkan adanya kedatangan puluhan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar untuk membangun smelter di Kabupaten Banteang, Sulawesi Selatan.

"Iya benar, mereka (TKA) kerja kontrak perusahaan untuk (membangun) smelter," kata Iwan dilansir melalui Detikcom, Senin, 5 Juli 2021.

Sebanyak 20 pekerja asing asal Tiongkok tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada Sabtu, 3 Juli 2021, pukul 20.10 Wita dengan menumpangi pesawat Citilink QG-426 dari Jakarta. Mereka selanjutnya akan bekerja di PT Huadi Nikel untuk membangun smelter di Kabupaten Bantaeng.

Setiba di Bandara, para TKA tersebut langsung menjalani karantina dengan pemeriksaan swab PCR di Jakarta, sebelum tiba di Makassar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Andi Darmawan Bintang juga membenarkan mengenai kedatangan 20 orang TKA asal Tiongkok tersebut. 

Total sebanyak 46 TKA asal Tiongkok telah memasuki Sulsel, termasuk 20 orang yang datang pada Sabtu, 3 Juli, sembilan orang pada 29 Juni, dan 17 orang pada 1 Juli.

"Dua puluh orang pekerja asing yang datang itu rombongan ketiga, totalnya sudah 46 orang," jelasnya.

Berdasarkan informasi pemeriksaan awal sebanayk 20 orang TKA belum mengantongi Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

Tags : TKA Tiongkok , COVID-19 , PPKM Darurat

Berita Terkait