Presiden Jokowi Minta BMKG Sampaikan Peringatan Dini Lebih Cepat

| Kamis, 29/07/2021 17:28 WIB
Presiden Jokowi Minta BMKG Sampaikan Peringatan Dini Lebih Cepat Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @KemensetnegRI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) agar meningkatkan adaptasi teknologi. Hal ini agar observasi, analisis, prediksi dan peringatan dini yang disampaikan dapat lebih cepat dan akurat.

"Tingkatkan adaptasi teknologi untuk observasi, analisis, prediksi, dan peringatan dini secara lebih cepat dan akurat," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi dan Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) BMKG secara virtual di Jakarta, Kamis, 29 Juli 2021.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga mendorong BMKG untuk terus memberikan layanan yang disertai inovasi-inovasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru. "Agar kita lebih mampu meminimalkan risiko yang harus kita hadapi," tuturnya.

Menurut Jokowi, peringatan yang dikeluarkan BMKG juga harus menjadi rujukan pengambilan keputusan jajaran pemerintah di berbagai sektor. "Informasi BMKG seperti kekeringan, cuaca ekstrem, gempa dan kualitas udara harus jadi perhatian dan acuan berbagai sektor dalam menyusun kebijakan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Jokowi, BMKG harus mampu memberikan layanan yang akurat dan dapat diperoleh dengan cepat dan mudah sehingga jajaran pemerintah pusat dan daerah dapat mengambil rujukan informasi dari BMKG utnuk merencanakan kebijakan dan pembangunan.

Tags : Jokowi , BMKG , Indonesia