Presiden Jokowi Dorong Petani Jadi Profesi Menjanjikan

| Jum'at, 06/08/2021 20:35 WIB
Presiden Jokowi Dorong Petani Jadi Profesi Menjanjikan Ilustrasi Petani. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong agar petani menjadi profesi yang menjanjikan dan dapat meningkatkan kesejahteraan sehingga sektor pertanian dapat menarik partisipasi para generasi muda. Menurutnya, profesi petani belum begitu diminati generasi muda saat ini.

"Saat ini total petani Indonesia sebanyak 71 persen berusia 45 tahun ke atas sedangkan yang di bawah 45 tahun sebanyak 29 persen," kata Jokowi dalam acara program mencetak 2.000 petani milenial dan andalan nasional secara virtual melalui siaran pers Kementerian Pertanian, Jumat, 6 Agustus 2021.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyambut baik program Kementerian Pertanian (Kementan) dalam membangun SDM sektor pertanian. Ke depan, lanjutnya, petani dan kelompok tani diharapkan dapat menggarap sektor hulu hingga hilir baik on-farm maupun off-farm, yakni meliputi pengolahan pasca-panen, sampai ke kemasan dan perdagangan produk sehingga produk pertanian bisa dilakukan lintas negara.

"Momentum ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kita harus membangun kemandirian pangan Indonesia dan kesejahteraan petani harus bisa meningkat secara signifikan," ujarnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor pertanian mampu berkontribusi positif di tengah pandemi COVID-19 dengan pertumbuhan sebesar 1,75 persen pada 2020 dan pada kuartal I 2021 tumbuh 2,95 persen.

Tags : Jokowi , Petani Milenial , Indonesia , Pertanian