Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Manfaatkan Bendungan Way Sekampung dengan Baik

| Kamis, 02/09/2021 20:05 WIB
Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Manfaatkan Bendungan Way Sekampung dengan Baik Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kepala Daerah di Provinsi Lampung untuk memanfaatkan dengan baik Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu untuk kepentingan masyarakat dan petani. Hal itu disampaikannya saat meresmikan Bendungan Way Sekampung di Pringsewu, Kamis, 2 September 2021.

"Saya meminta Gubernur Lampung dan Bupati Pringsewu untuk memanfaatkan bendungan ini untuk kepentingan masyarakat dan petani," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi meminta kabupaten lain di Lampung yang dialiri air dari bendungan tersebut untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dijelaskannya, ketersediaan air di wilayah yang teraliri air dari Bendungan Way Sekampung ini akan tercukupi.

Tak hanya itu, Kepala Negara menegaskan Provinsi Lampung sebagai salah satu lumbung pangan nasional harus menjaga bendungan ini dengan baik. Keberadaan bendungan ini, lanjutnya, juga dapat meningkatkan produksi tanaman padi.

"Dari semula dua kali panen, bisa menjadi tiga kali panen," tuturnya.

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Way Sekampung, Kabupaten Piringsewu, Provinsi Lampung, yang memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan hingga 800 hektar. “Bendungan ini multifungsi, bisa untuk irigasi, kemudian untuk air baku, juga untuk pembangkit listrik serta pengendalian banjir,” tandasnya.

Tags : Jokowi , Bendungan Way Sekampung , Lampung , Indonesia