Ini Alasan Kemenag Solo Buka Layanan Biro Jodoh Online "Jadikan Aku Halalmu"

| Selasa, 07/09/2021 18:24 WIB
Ini Alasan Kemenag Solo Buka Layanan Biro Jodoh Online "Jadikan Aku Halalmu" Program Cari Jodoh Online Kemenag Solo, Jadikan aku Halalmu (foto: kemenagsurakarta)

RADARBANGSA.COM - Kantor Wilayah Kemenag Kota Solo membuka program layanan biro jodoh `Jadikan Aku Halalmu` untuk membantu masyarakat kota Solo untuk mencari pendamping hidup.

KepalaKemenag Solo Hidayat Maskur mengatakan bahwa syarat untuk mengikuti program ini adalah lajang dan belum pernah menikah.

"Statusnya yang penting lajang. Tidak ada batasan miskin atau kaya. Karena di situ nanti ada kriteria dari masing-masing para pendaftar," kata Hidayat dikutip kompas.com, Senin, 6 September 2021.

Selain itu syarat lain adalah dengan memasukkan kriteria pendamping hidup dan juga foto pribadi. 

"Syarat khusus memasukkan kriteria. Jadi kita memasangkan orang kan ada kriterianya yang dicari seperti apa. Minimal tidak lepas dari itu (kriteria)," jelas Hidayat.

Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Makanya kita coba beberapa kita pertemukan. Paling tidak ada profil dirinya kan sudah tampak dari situ. Dari segi penghasilan dan lain sebagainya kan ada," tambah dia.

Sebagai rintisan awal program Jadikan Aku Halalmu ini pertama kali di Kantor Urusan Agama (KUA) menerapkannya di Kecamatan Jebres. 

Data Kemenag Solo jumlah pendafar program Jadikan Aku Halalmu sudah ada sebanyak 172 pendaftar.

Hidayat mengungkapkan awal ide program Jadikan Aku Halalmu tercetus karena di masa pandemi Covid-19 banyak pasangan nikah yang dipertemukan lewat media sosial.

"Makanya kita berinovasi di sini untuk mewadahi sambil membina. Jadi bukan mempertemukan jodoh, tapi pembinaan yang berkelanjutan," tandasnya.

Tags : CariJodohOnline , KemenagSolo , JadikanakuHalalmu

Berita Terkait