Gus Yaqut: Moderasi Beragama Mampu Memperkuat Negara

| Kamis, 07/10/2021 22:53 WIB
Gus Yaqut: Moderasi Beragama Mampu Memperkuat Negara Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pentingnya toleransi dan moderasi dalam memperkuat negara bangsa.

"Moderasi dan toleransi secara subtansi tidak jauh berbeda yang bertujuan mengarahkan perilaku beragama umat beragama di Indonesia untuk berada di jalur tengah atau moderat," kata Menag Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Kamis 7 Oktober 2021.

Menurut Menag Yaqut, moderasi beragama mencari titik temu antara kelompok yang sangat ekstrem dan kelompok yang sangat lunak itu, "Keduanya dipertemukan di tengah sehingga mereka merasa bahwa agama itu sangat penting dan perlu," katanya.

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, menuturkan, seorang umat beragama boleh berkeyakinan kuat dan merasa agamanya paling benar. Di saat yang sama ia mesti menghargai keyakinan orang yang berbeda agama dan keyakinan dengannya.

"Hal begini tidak bisa disampaikan hanya dengan cara-cara konvensional dan harus beradaptasi," tuturnya.

Di Kemenag, lanjut Gus Yaqut, pihaknya sudah melakukan banyak langkah dalam melakukan transformasi digital atas pelayanan yang dilakukan secara konvesional. Termasuk mengkampayekan moderasi beragama melalui sebuah aplikasi yang dalam waktu dekat ini akan diluncurkan.

"Dengan upaya ini, umat beragama akan bisa menjalani kehidupan beragama lebih baik dari sebelumnya. Poinnya, di dalam dunia yang bergerak dengan cepat dan terus mengalami perubahan, kita sudah dituntun ke arah adaptasi dalam menyampaikan gagasan moderasi beragama,” tegasnya.

Tags : Moderasi Beragama , Toleransi

Berita Terkait