Wamenkeu: Pandemi Jadi Momentum Transformasi Digital di Sektor Keuangan

| Selasa, 12/10/2021 21:55 WIB
Wamenkeu: Pandemi Jadi Momentum Transformasi Digital di Sektor Keuangan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara (foto: kemenkeu)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan, pandemi Covid-19 menjadi momentum untuk mendorong transformasi digital di berbagai aspek termasuk dalam sektor keuangan.

"Pelayanan publik dan kegiatan bisnis dapat dilakukan secara online. Mulai dari mengakses layanan publik, belanja kebutuhan harian, layanan kesehatan, pendidikan, hiburan, serta jasa keuangan,” ungkap Wamenkeu Suahasil Nazara dalam keterangan persnya, Senin 11 Oktober 2021.

Menurut Nazara, pemerintah menggunakan teknologi untuk mencapai pelayanan publik yang efisien dan cepat. Sebagai contoh, distribusi obligasi pemerintah yang dapat dilakukan secara online, adanya sistem pelaporan dan pembayaran pajak secara online serta penggunaan uang elektronik di sektor transportasi.

“Saya percaya teknologi keuangan berkembang sangat pesat. Teknologi keuangan berkembang sangat pesat di Indonesia baik dari sisi perusahaan maupun volume transaksinya,” tandasnya.

Nazara menyampaikan, teknologi keuangan harus terus berbenah dan memastikan stabilitas sistem keuangan dengan baik, "Perubahan disikapi cukup bijak agar kita bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kemajuan teknologi sekaligus mengantisipasi risiko dampak yang tidak diinginkan yang mungkin muncul,” ungkapnya.

Tags : kemenkeu , sektor keuangan