Ke Ambon, Wapres Bahas Penanganan Kemiskinan Ekstrem di Maluku

| Rabu, 13/10/2021 19:41 WIB
Ke Ambon, Wapres Bahas Penanganan Kemiskinan Ekstrem di Maluku KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres), KH Ma`ruf Amin melakukan kunkungan kerja (kunker) ke Ambon, Maluku, Rabu 13 Oktober 2021. Kunjungan ini untuk membahas penanganan kemiskinan ekstrem di daerah itu. 

Di Maluku, terdapat lima kabupaten yang merupakan kantong-kantong kemiskinan ekstrem diantaranya Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Pemilihan lima kabupaten ini didasarkan pada indeks kemiskinan ekstrem, yang dihasilkan dari kombinasi persentase penduduk miskin ekstrem dan jumlah penduduk miskin ekstrem menurut kabupaten, bersumber dari data BPS yang dihasilkan melalui SUSENAS Maret 2020 sebagai rujukan utama,” papar Wapres KH Ma`ruf Amin.

Dilansir wapresri, Kiai Ma`ruf menyampaikan, jumlah penduduk miskin di Indonesia telah mencapai 10 persen dari total penduduk yang berjumlah lebih dari 270 jiwa.

"Pemerintah melalui kementerian/lembaga pun berupaya membuat berbagai program penanggulangan kemiskinan yang jumlahnya cukup besar yakni mencapai lebih dari 500 triliun rupiah. Namun, program-program tersebut belum berjalan optimal, karena masih ada data rumah tangga miskin ekstrem yang tidak sesuai sehingga para penerima bantuan tidak tepat sasara," jelas Kiai Ma`ruf.

Menurut Kiai Ma`ruf, tantangn pemerintah dalam menangani kemiskinan ekstrem adalah bantuan tersebut harus tepat sasaran sehingga permasalahan ini tertangani dengan baik.

"Tantangan terbesar kita adalah bagaimana bantuan tersebut harus tepat sasaran,” tegasnya.

Tags : Kemiskinan Ekstrem ,

Berita Terkait