Pemerintah Ingin Turunkan Angka Stunting Hingga 14 Persen

| Senin, 18/10/2021 22:36 WIB
Pemerintah Ingin Turunkan Angka Stunting Hingga 14 Persen Wamendes PDTT Budi Arie saat mengunjungi kabupaten Aceh Tamiang (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus berupaya untuk menurunkan angka stunting di Indonesia. Saat ini angka stunting di Indonesia sangat tinggi, yakni mencapai 27 persen.

“Yang juga penting, pekerjaan rumah kita sebagai negara ini angka stunting, angka stunting Indonesia sangat tinggi, mencapai 27 persen, dan Pak Presiden ingin di tahun 2024 Bisa berkurang setengahnya di 14 persen “ kata Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi di Aceh Tamiang, Minggu 17 Oktober 2021 kemarin.

Menurutnya, di Kabupaten Aceh Tamiang sendiri angka stunting  6,73 persen. Ia berharap Bupati Aceh Tamiang dapat menurunkan angka stunting ke 0 persen pada 2024. 

Wamendes menyampaikan, persoalan stunting bukan kesalahan orang tua, tapi juga proses pengajaran, pemberitahuan dan pendidikan tentang stunting, dimulai dari usia melahirkan sampai gizi bayi.

“Nah saya bersama Pak Menkes, kita sudah diskusi yang paling efektif adalah telur ayam. Karena telur ayam itu untuk 1 hari sampai 24 bulan itu sangat efektif untuk memberikan protein untuk bayi, karena protein hewaninya mampu membuat bayi tumbuh sehat,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya dana desa, kemiskinan di perdesaan dapat menurun begitu juga dengan angka stunting, “Desa masih memberikan sumbangan terbesar pada angka kemiskinan Indonesia. Sehingga kalau desanya kita bangun, dengan sendirinya angka kemiskinan akan turun. Itulah peran dari pembangunan masyarakat,” ujarnya.

 

Tags : Kemendesa PDTT , Angka Stunting