Mendag Lutfi Optimis Indonesia Jadi Pusat Industri Produk Halal Dunia

| Jum'at, 22/10/2021 21:03 WIB
Mendag Lutfi Optimis Indonesia Jadi Pusat Industri Produk Halal Dunia Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi Indonesia harus optimis menjadi pusat industri produk halal dan kiblat fesyen muslim dunia.

“Halal Trade Forum dan Embracing Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) yang digelar pada Trade Expo Indonesia-Digital Edition (TEI-DE) 2021 ini menjadi pembeda dari gelaran TEI yang berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam penyelenggaraan TEI-DE 2021 ini kita punya dua pesan yang ingin diwujudkan, yaitu Indonesia sebagai pusat industri halal dunia dan Jakarta menjadi kiblat industri fesyen Islam dunia. Kedua hal tersebut akan kita mulai tahun ini,” terang Mendag Lutfi dalam keterangan tertulisnya, Jumat 22 Oktober 2021.

Menurut Mendag, pasar produk halal dunia adalah pasar yang sangat menjanjikan. Warga muslim dunia diperkirakan membelanjakan lebih dari USD 2 triliun di sektor makanan, produk farmasi, kosmetik, fashion, serta rekreasi.

"Ini adalah peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik," kata Mendag.

Mendag menyampaikan, saat ini, nilai ekspor produk halal Indonesia diperkirakan baru mencapai USD 6 miliar atau peringkat ke-21 dunia. Sedangkan untuk ekspor fesyen muslim diperkirakan sebesar USD 4,1 miliar atau peringkat ke-13 dunia.

Sementara itu, lanjut Mendag, untuk meningkatkan daya saing produk halal Indonesia di pasar global, Kemendag juga akan bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia melalui BNI Xpora untuk meningkatkan kualitas produk sekaligus dari segi pembiayaan dan jaringan agar buyer di luar negeri melihat dan tertarik.

Tags : Kemendag , Industri Produk Halal

Berita Terkait