Kunjungi Desa Terbersih di Dunia, Gus Menteri: Ini Bisa Ditiru Desa Lain

| Senin, 25/10/2021 15:59 WIB
Kunjungi Desa Terbersih di Dunia, Gus Menteri: Ini Bisa Ditiru Desa Lain Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengunjung Desa Wisata Penglipuran, Bangli, Bali, Minggu 24 Oktober 2021.

Gus Menteri sapaan akrabnya, mengagumi mengagumi kebersihan dan pesona alam Desa terbersih di dunia atau Green destination dari Sustainable Destinations Top 100) versi Green Destinations Foundation.

“ini (pengelolaan desa wisata) harus ditiru desa-desa lain yang memiliki potensi wisata alam dan budaya seperti Penglipuran,” ujar Gus Menteri.

Dalam kesempatan itu, Gus Menteri melakukan dialog bersama tokoh adat dan pemangku kepentingan desa Penglipuran tersebut. Ia menyatakan bahwa kunci keberhasilan desa wisata adalah proses pengembangannya yang tidak boleh lepas dari akar budaya lokal.

"Desa wisata jangan sampai keluar dari alam, jangan keluar dari akar budaya. Kalau tidak, wisatanya cenderung tidak akan bertahan lama," ujarnya.

Menurut Gus Menteri, budaya Indonesia yang paling khas dan menarik banyak wisatawan, adalah budaya-budaya yang bersifat sakral. Tentu saja bukan budaya yang dibuat-buat, namun budaya tersebut telah turun temurun diwariskan oleh para leluhur terdahulu.

"Yang menarik di Bali ini, di kota saja selalu ada perempuan pakai baju adat, sesajen, tanpa menghiraukan hiruk pikuk, itu menarik. Itu kan bukan dibuat-buat, tapi emang itu ritual rutin yang dilakukan masyarakat," ujarnya.

Tags : Kemendesa PDTT , Gus Menteri