Daftar Juara Lomba Karya Tulis Nasional Panglima Santri 2021

| Senin, 01/11/2021 15:41 WIB
Daftar Juara Lomba Karya Tulis Nasional Panglima Santri 2021 Panglima Santri Gus Muhaimin saat memberikan piala kepada para juara Karya Tulis Nasional secara simbolik (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Panglima Santri menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Nasional Panglima Santri Gus Muhaimin Iskandar 2021. Lomba ini dimulai sejak tanggal 23 September hingga 22 Oktober 2021. Ada 1.035 naskah/tulisan yang terkumpul.

Lomba Karya Tulis Nasional ini melalui empat tahap yakni pertama tahap pendaftaran. Tahap kedua, seleksi administratif dilaksanakan tanggal 22-23 Oktober 2021 untuk menilai kelayakan tulisan dari aspek formalitas antara lain; kesesuaian judul dengan tema yang dilombakan, batas minimum dan maksimum tulisan 10-15 halaman dan sistematika penulisan. Dari seleksi administratif didapatkan 563 naskah yang layak untuk dinilai ke tahap berikutnya.

Selanjutnya tahap ketiga untuk dilakukan penilaian substansi/contents tulisan. Tahap ini dilaksanakan pada tanggal 24-29 Oktober 2021. Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) alasan pemilihan judul, (2) metodologi, kerangka teori, pendekatan dan sumber atau referensi yang digunakan, (3) analisis pembahasan (4) Tata bahasa dan (5) orisinalitas gagasan. Dari 563 naskah yang dinilai di tahap ini, dewan juri mendapatkan 27 naskah yang memiliki kelayakan untuk dinominasikan sebagai kandidat juara.

Tahap terakhir, presentasi para kandidat juara yang dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2021. Sebanyak 27 penulis diminta mempresentasikan karya tulisannya di hadapan dewan juri sebagai bagian dari pertanggungjawaban karya tulis.

Setelah mendengarkan pemaparan ke-27 penulis kandidat juara tersebut, dewan juri mengambil keputusan siapa penulis yang menjadi juara 1,2 dan 3. Kemudian juara tematik dan juara favorit.

Pengumuman juara, juara tematik dan juara favorit Karya Tulis Nasional diumumkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) ke-22 di gedung Nusantara 4, DPR/MPR, Senayan, Jakarta, 1 November 2021.

Panglima Santri Gus Muhaimin Iskandar menyampaikan selamat kepada para pemenang Lomba Karya Tulis Nasional. Ia mengaku bangga dan apresiasi atas karya yang ditorehkan para santri.

“Kepada seluruh peserta lomba karya tulis saya ucapkan selamat. Tulisan-tulisannya keren. Saya sempat ikut penjuriannya kemarin, luar biasa semua gagasan-gagasannya,” kata Gus Muhaimin saat memberikan sambutannya.

Berikut di bawah ini daftar juara Karya Tulis Ilmiyah Panglima Santri Gus Muhaimin:

Juara Karya Tulis Ilmiyah:

- Juara I Muhammad Nailul Muna
- Juara II Syarif Hasan Billah, Faiq Admaja Wibowo, Muhammad Syarifuddin
- Juara III Muhammad Ali Faqih

Juara Tematik:
- Muhammad Afifudin
- Shohebul Umam
- Ahmad Afif
- Aldina Oktaviana Putri Rahayu dan Briliantna Mumatazah
- Wirdatun dan Nizam Noor Hadi

Juara Favorit:
- Nur Faizin,
- Nahrul Firdaus, Ali Mukti Habibi, Muhammad Iqbal FU.MS
- Khoriul Muhtadin
- Muhammad Nur Ma’ruf
- Dina Rahmawati dan Elita Najma Muntazeri
- Ria Sulistianti
- Thoriqul Azis
- Najamuddin Muhammad
- Byla Sabili Maisah, Siti Nurmahmudah dan Firda Faridatunnisa

Tags : Lomba Karya Tulis Nasional , Panglima Santri

Berita Terkait