Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika, Siap Gelar Kejuaraan Kelas Dunia

| Jum'at, 12/11/2021 18:10 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika, Siap Gelar Kejuaraan Kelas Dunia Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 12 November 2021. Usai diresmikan, Jokowi menegaskan Sirkuit Mandalika siap menggelar kejuaraan kelas dunia.

“Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Selain meresmikan Sirkuit Mandalika, Presiden juga meresmikan Jalan Bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan KEK Mandalika. Jalan sepanjang 17,3 kilometer itu telah siap digunakan dan dapat memangkas waktu tempuh antara Bandara dengan KEK Mandalika.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa pembangunan jalan bypass Bandara Internasional Lombok sampai ke Mandalika dengan panjang 17,3 kilometer telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan sehingga jarak tempuh antara bandara dengan Mandalika hanya 15 menit saja,” terangnya.

Ke depan, Jokowi berharap dengan diresmikannya Sirkuit Mandalika dapat memunculkan titik-titik ekonomi baru di Provinsi NTB. Diyakininya, penghelatan akbar internasional seperti World Superbike dan MotoGP dapat memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

Tags : Jokowi , Sirkuit Mandalika , NTB , World Superbike , Indonesia