Antisipasi Peningkatan Mobilitas, Pemerintah Larang Cuti Akhir Tahun

| Kamis, 18/11/2021 18:33 WIB
Antisipasi Peningkatan Mobilitas, Pemerintah Larang Cuti Akhir Tahun Juru Bicara Satgas Penanganan Covid19 Prof Wiku Adisasmito (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menerapkan strategi meniadakan cuti bersama pada akhir tahun 2021. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa kebijakan ini dilakukan untuk menghindari lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia. Keputusan itu didasarkan adanya peningkatan kasus COVID-19 di beberapa daerah.

"Larangan cuti atau libur bagi ASN, TNI, Polri, karyawan BUMN, maupun swasta selama libur akhir tahun. Di mana dilakukan peniadaan cuti bersama di tanggal 24 Desember 2021 dan larangan pengambilan jatah cuti di akhir tahun," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 18 November 2021.

Disampaikannya, pembatasan dan larangan cuti bersama tersebut dilakukan agar masyarakat terhindar dari penularan kasus COVID-19. "Hal ini semata-mata dilakukan untuk meminimalisir pergerakan masyarakat yang tidak mendesak. Kedua adalah pembatasan pergerakan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain," ujarnya seperti dikutip dari detik.com.

Namun, Wiku mengungkapkan aturan tersebut akan disesuaikan kembali terkait syarat bepergian. Orang yang diizinkan bepergian pada waktu itu adalah mereka yang benar-benar sehat.

Tags : Cuti Bersama , Nataru , COVID-19 , Indonesia

Berita Terkait