Tingkatkan Layanan, Gus Menteri Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital di Level Desa

| Senin, 22/11/2021 19:41 WIB
Tingkatkan Layanan, Gus Menteri Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital di Level Desa Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)
RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar terus mendorong pemanfaatan teknologi digital di level desa.
 
“Pengembangan desa berbasis digital sangat penting mengingat penetrasi internet saat ini begitu luar biasa. Kendati demikian digitalisasi di level desa ini harus diimbangi dengan literasi digital yang memadai karena ada banyak dampak negatif penggunaan gadget berbasis internet,” ujar Gus Menteri, sapaan akrabnya di Desa Air Seruk, Belitung, Sabtu 20 November 2021 lalu.
 
Menurut Gus Menteri, pengembangan teknologi digital di desa penting dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat termasuk memberikan informas kepada masyarakat desa.
 
“Teknologi digital yang ada tak hanya digunakan untuk mempermudah pemerintahan desa dalam mengakses informasi terkait warga, namun juga memberikan kemudahan bagi warga untuk mengakses informasi desa seperti realisasi penggunaan dana desa dan Anggaran Belanja dan Pendapatan Asli Desa (APBDes),” katanya.
 
Selain untuk mempermudah layanan publik, lanjut Gus Menteri, digitalisasi di level desa juga bisa digunakan untuk mempercepat gerak ekonomi desa.
 
“Saat ini jika Anda membuka market place, banyak sekali toko online BUMDes yang memasarkan produk pertanian, kerajian hingga layanan desa wisata. Ini tentu perkembangan yang sangat mengembirakan. Desa Air Seruk harus memanfaatkan digitalisasi desa ini untuk mengembangkan layanan publik hingga memasarkan produk unggulan yang ada,” katanya. 
 
Tags : Digital , Desa , Kemendesa PDTT