Menag Yaqut Tegaskan Indonesia Masuk Prioritas untuk Haji dan Umrah

| Senin, 22/11/2021 22:45 WIB
Menag Yaqut Tegaskan Indonesia Masuk Prioritas untuk Haji dan Umrah Ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekah. (foto:AFP)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa Indonesia masuk prioritas untuk ibadah haji dan umrah. Hal itu setelah dirinya menggelar pertemuan dengan otoritas haji dan umrah Arab Saudi di Mekah, Senin, 22 November 2021.

"Alhamdulillah, hari ini saya bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufig F. Alrabiah di Mekah. Menteri Taufig mengatakan bahwa Indonesia adalah prioritas dalam masalah haji dan umrah," ujar Yaqut dalam keterangan tertulisnya.

Disampaikannya, hasil pertemuan pihaknya dengan Menteri Haji cukup progresif dan efektif. Hal itu tidak terlepas dari diskusi awal yang dilakukan Wakil Menteri Haji Saudi dengan tim Kemenag. "Kita berharap semoga persiapan lanjutan, baik di Saudi maupun Tanah Air bisa segera selesai, sehingga penyelenggaraan umrah bisa segera dibuka," tuturnya.

Ia berharap selepas pertemuan ini, jamaah asal Indonesia bisa segera melepas kerinduannya untuk menunaikan ibadah umrah. "Kita sangat berharap semoga hal itu tidak lama lagi," kata Menag Yaqut.

Selain membahas penyelenggaraan umrah, pertemuan dua menteri ini juga mendiskusikan upaya peningkatan kerja sama bilateral dalam bidang haji dan umrah. "Kami memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kerja sama, seperti di bidang manasik haji atau penyuluhan secara terpadu," ucapnya.

Tags : Menteri Agama , Haji , Umrah , Mekah , Indonesia

Berita Terkait