Atasi Kekurangan Air Bersih, Pemerintah Dukung Program PAMSIMAS

| Kamis, 25/11/2021 20:18 WIB
Atasi Kekurangan Air Bersih, Pemerintah Dukung Program PAMSIMAS Pejabat Kemendesa PDTT menghadiri rakornas PAMSIMAS di Jakarta (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) mendukung penuh Program Penyediaan Air minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

“Kami sepenuhnya mendukung program PAMSIMAS karena memang dibutuhkan warga desa. Kami berharap dengan program (PAMSIMAS) kualitas hidup warga desa akan kian meningkat di masa depan,” ujar Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kemendesa PDTT, Sugito di Jakarta, Kamis 25 Noveber 2021.

Menurut Sugito, ketersediaan air bersih masih banyak menjadi masalah bagi warga desa di sejumlah kabupaten/kota. Saat ini, katanya, rata-rata ketersediaan air bersih secara nasional di 514 kabupaten/kota di kisaran 72-90%. Bahkan, di beberapa daerah, ada yang ketersediaan sarana air bersihnya kurang dari 70%.

“Salah satu kendala utama dari ketersediaan air bersih adalah jauhnya pemukiman dari sumber mata air. Nah dengan program ini kami harapkan persoalan tersebut akan teratasi karena ada upaya mendekatkan sumber mata air ke pemukiman penduduk,” katanya.

Sugito mengatakan dukungan terhadap Program PAMSIMAS ini bisa dilakukan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), "Secara kebijakan sudah selalu disampaikan Pak Menteri Desa PDTT bahwa dalam prinsipnya Dana Desa boleh dipakai apa saja kecuali yang dilaran," ungkapnya.

"Persoalannya lebih banyak yang boleh daripada yang dilarang. Termasuk untuk Modal BUMDesa yang akan mengelola PAMSIMAS

Tags : Kemendesa PDTT , PAMSIMAS