Gus Menteri Dorong Penguatan Pendataan Desa Berbasis SDGs Desa

| Jum'at, 03/12/2021 19:49 WIB
Gus Menteri Dorong Penguatan Pendataan Desa Berbasis SDGs Desa Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Foto: kemendes)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar terus mendorong penguatan pendataan desa berbasis SDGs Desa. Penguatan data SDGs Desa akan menghasilkan pemanfaatan dana desa yang transparan dan tepat sasaran.
 
“Kita rumuskan SDGs Desa ini, karena waktu pertama Pak Presiden nugasin saya saat itu beliau bilang hari ini dana desa belum dirasakan secara umum oleh masyarakat, masih dirasakan oleh  segelintir orang. Sampai dua kali beliau bilang, dalam artian, kehadiran dana desa harus dirasakan oleh seluruh warga masyarakat desa, utamanya warga kelas bawah.” ungka Mendes PDTT Halim Iskandar dalam keterangan tertulisnya, Jumat 3 Desember 2021.

Dengan adanya fokus pembangunan berdasarkan SDGs Desa, lanjut Gus Menteri, sapaan akrabnya, maka output nya arah perencanaan pembangunan desa berbasis kondisi faktual di desa tersebut. Karena SDGs Desa menggunakan prinsip no one left behind atau tidak ada satu pun yang terlewatkan.

“Dengan harapan, siapa pun ketika berbicara pembangunan di desa itu jelas arahnya, faktanya. Desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan di desa, desa layak air bersih dan sanitasi sampai pada desa Berjejaring untuk pembangunan desa,” ujarnya.

Gus Menteri juga menambahkan, dengan data berbasis SDGs Desa tersebut, perencanaan pembangunan yang dibahas pada Musyawarah Desa (Musdes) tidak lagi berdasarkan keinginan kelompok atau elit tertentu melainkan berdasarkan data dan fakta sesuai kebutuhan warga desa setempat.

"Aktifitas pendataan ini menghasilkan data kondisi desa yang sebenarnya  dan rencana aksi sebagai bahan diskusi liberartif dalam musyawarah desa. Sehingga perencanaan pembangunan berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan, dan ini penting," ungkapnya.

Tags : Kemendesa PDTT , SDGs Desa