Wapres Maruf Amin Sayangkan Bahan Baku Produk Halal Masih Impor

| Rabu, 29/12/2021 18:56 WIB
Wapres Maruf Amin Sayangkan Bahan Baku Produk Halal Masih Impor KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyayangkan bahan baku produk halal di Indonesia masih impor. Padahal, ujarnya, produk halal di Indonesia saat ini tengah berkembang pesat.

"Tapi ada yang saya sayangkan bahwa ternyata bahan bakunya, hulunya, masih impor. Ini jadi tantangan pemerintah bagaimana mendorong lahirnya industri hulu kosmetik," kata Kiai Maruf dilansir dari antaranews.com, Rabu, 29 Desember 2021.

Wapres dalam kunjungannya ke PT Paragon sebagai produsen kosmetik halal menyampaikan bahwa tantangan Indonesia saat ini adalah mendorong industri hulu produk halal. Diketahui, PT Paragon sendiri merupakan produsen kosmetik halal seperti Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Putri dan LABORE serta meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021.

"Bahan bakunya banyak, tapi bagaimana mendorong industri hulunya itu tantangan kita yang harus disiapkan di sini, itu tantangannya ke depan," ungkapnya.

Berdasarkan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) jumlah perusahaan kosmetik yang sudah melakukan sertifikasi halal sebanyak 794 perusahaan, dengan sertifikat halal sejumlah 1.913, dan produk kosmetik yang telah tersertifikasi halal sejumlah 75.385 produk sejak 2017.

"Saya pikir (produk) halal sekarang ini sudah jadi tren global bahkan sudah jadi gaya hidup karena itu semua negara berlomba-lomba walau penduduknya bukan mayoritas muslim. Selama ini industri terbesar produsen halal adalah negara-negara seperti Brazil, Australia dan negara-negara lain termasuk China," tutur Kiai Maruf.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Produk Halal , Indonesia , Impor