Tingkatkan Kompetensi, Menteri Ida Minta Perusahaan Dukung Program Pemagangan Kemnaker

| Selasa, 11/01/2022 19:12 WIB
Tingkatkan Kompetensi, Menteri Ida Minta Perusahaan Dukung Program Pemagangan Kemnaker Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: kemnaker)
RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus melakukan program pemagangan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan sklil atau keterampilan pekerja.
 
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, mengajak perusahaan manapun, termasuk PT Nestle untuk bersama-sama menyukseskan program pelatihan melalui pola pemagangan.

"Saya berharap, Nestle menjadi bagian dari program pemagangan yang dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kompetensi calon pekerja," ucap Menaker Ida di Jakarta, Selasa 11 Januari 2022.

Ida Fauziyah menuturkan, jika calon pekerja memiliki kompetensi, maka mereka akan  bisa bersaing dan diterima di pasar kerja, "Kalau kompetensinya diperkuat melalui proses pemagangan, perusahaan juga bisa mendapatkan tenaga kerja yang kompeten," tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut Ida Fauziyah, peserta magang yang telah memperoleh ilmu dari perusahaan yang menjadi tempat magang bisa menjadi entrepreneur.

"Maka outputnya, mereka bisa masuk pasar kerja atau mereka menjadi entrepreneur, menjadi pelaku usaha," ucapnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu juga menyampaikan bahwa Kemnaker memiliki sejumlah program guna mendukung terciptanya entrepreneur yang salah satu programnya berbasis pada kompetensi SDM, yakni dengan cara menciptakan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri (WBTKM).
Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah