Wapres Maruf Amin Dorong Hunian Warga Terdampak Semeru Terapkan Konsep Desa Cerdas

| Jum'at, 14/01/2022 21:05 WIB
Wapres Maruf Amin Dorong Hunian Warga Terdampak Semeru Terapkan Konsep Desa Cerdas KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengatakan bahwa pemindahan tempat hunian warga terdampak bencana Gunung Semeru akan menerapkan konsep pembangunan `Desa Cerdas` atau Smart Village. Adapun tujuannya, menurut Kiai Maruf, untuk memudahkan kehidupan masyarakat ke depannya.

"Jadi terpadu, yang disebut Smart Village, yang kami jadikan model karena terjadi semacam relokasi. Itu supaya mereka (warga terdampak) tidak kesulitan," kata Kiai Maruf seperti dilansir dari antaranews, Jumat, 14 Januari 2022.

Dijelaskannya, konsep Desa Cerdas nantinya akan menyediakan berbagai fasilitas publik serta fasilitas untuk mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat setempat. "Jadi semua dilengkapi, ada pasar, ada fasilitas kesehatan, ada ruang terbuka, ada sekolah, tempat olaharaga, bahkan ditempati dengan kandang terpadu untuk sapi; dan sapinya pun sudah disiapkan," ujar Kiai Maruf.

Wapres menilai, konsep Desa Cerdas bisa menjadi suatu model bagi perkampungan relokasi bagi masyarakat terdampak bencana di berbagai daerah. Pembangunan konsep Desa Cerdas tersebut memperhatikan kondisi risiko bahaya dampak dari bencana alam di lokasi tersebut.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Desa Cerdas , Gunung Semeru