Indonesia Kembali Terima Bantuan Vaksin dari Jepang

| Minggu, 16/01/2022 17:55 WIB
Indonesia Kembali Terima Bantuan Vaksin dari Jepang Vaksin Covid (Doc: Klik Dokter)

RADARBANGSA.COM - Indonesia kembali menerima bantuan vaksin COVID-19 dari negara sahabat. Kali ini, bantuan diterima dari Jepang melalui kerja sama berbagi dosis (dose sharing). 

Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Santo Darmosumarto mengatakan, bahwa pengiriman vaksin kali ini dibagi menjadi empat kloter.

Kloter pertama dan kedua tiba pada Sabtu (15/1) sore dan malam masing-masing sebanyak 448.000 dosis vaksin AstraZeneca. Kedua kloter itu merupakan kedatangan vaksin tahap ke-194 dan ke-195 di Indonesia.

Kloter berikutnya akan tiba pada 18 dan 19 Januari 2022 sehingga totalnya menjadi 2.722.930 dosis. Sebelumnya, sepanjang 2021, Jepang telah memberikan sekitar 4,15 juta dosis vaksin kepada Indonesia.

”Dengan ini, total dukungan kerja sama dose-sharing vaksin COVID-19 dari Jepang sebanyak 6.875.080 dosis," ujarnya. 

Santo menyampaikan, Jepang merupakan salah satu mitra strategis pemerintah di bidang perdagangan, investasi, infrastruktur dan pembangunan ekonomi. Dukungan kerja sama ini merupakan bentuk konkret dari kemitraan strategis di antara kedua negara. 

"Apresiasi yang tinggi kepada pemerintah dan rakyat Jepang atas dukungan kerja sama ini," tuturnya.

Ketersediaan vaksin sangat penting saat pemerintah mulai melaksanakan vaksinasi dosis penguat (booster) bagi masyarakat. Pemerintah juga terus meningkatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua di daerah-daerah, khususnya yang capaian vaksinasinya masih relatif rendah.

Tags : Vaksin , COVID-19 , Indonesia , Jepang

Berita Terkait