Komisi IX DPR Minta Kemenkes Siapkan Sistem Kesehatan untuk Kendalikan Pandemi

| Rabu, 19/01/2022 17:16 WIB
Komisi IX DPR Minta Kemenkes Siapkan Sistem Kesehatan untuk Kendalikan Pandemi Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Komisi IX DPR RI meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menyiapkan kesiapan sistem kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Wakil Ketua Komisi IX DPR, Charles Honoris menyampaikan pada Kemenkes untuk mensinergikan seluruh kebijakan mitigasi pengendalian pandemi berdasarkan kajian ilmiah serta memperbaiki tata kelola komunikasi publik terhadap setiap kebijakan penanganan pandemi COVID-19.

Komisi IX DPR juga meminta pemerintah berkoordinasi dengan Kemenkeu untuk mempersiapkan skema pembiayaan penanganan pandemi berdasarkan proyeksi kasus COVID-19. Hal itu merupakan kesimpulan Rapat Kerja dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan RDP dengan Badan POM dan Satgas COVID-19 pada Selasa, 18 Januari 2022 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Disampaikannya, Kemenkes diminta berkoordinasi dengan Kemendikbudristek RI, Kemenag RI dan Kemendagri untuk mengevaluasi kebijakan PTM agar disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini di setiap daerah. Selain itu, jelas Charles, pihaknya juga meminta pemerintah mempersiapkan regulasi untuk mendukung perkembangan telemedicine.

"Sebagai layanan kesehatan yang membantu perawatan bagi pasien COVID-19," ujar Charles.

Terkait pelaksanaan vaksin, Komisi IX DPR RI mendesak Kemenkes untuk memberikan data-data terkait vaksin kepada Komisi IX, antara lain: jenis vaksin yang digunakan; jumlah masing-masing jenis vaksin; harga per dosis masing-masing jenis vaksin; Jumlah hibah yang diterima Indonesia; jumlah vaksin kadaluwarsa; potensi penghematan APBN dengan adanya vaksin hibah dan target vaksinasi baik primer maupun booster paling lambat tanggal 25 Januari 2022.

“Dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan terhadap program vaksinasi, Komisi IX DPR RI mengagendakan pembentukan Panja tentang Vaksin COVID-19,” tuturnya.

Komisi IX DPR RI juga mendesak Badan POM untuk memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsinya dalam penanganan pandemi COVID-19 dengan memprioritaskan dukungan terhadap pengembangan vaksin produksi dalam negeri melalui pendampingan dari hulu ke hilir, sehingga dapat segera digunakan dalam program vaksinasi COVID-19.

Tags : DPR RI , Kemenkes , Sistem Kesehatan , COVID-19 , Indonesia