Sri Mulyani Optimis Indonesia Mampu Jaga Penerimaan Negara Tahun 2022

| Senin, 24/01/2022 16:20 WIB
Sri Mulyani Optimis Indonesia Mampu Jaga Penerimaan Negara Tahun 2022 Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto: kemenkeu)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku optimis Indonesia mampu menjaga penerimaan negara pada tahun 2022 mendatang meski ekonomi masih dalam tahap pemulihan.

“Penerimaan negara (2021) dikontribusikan oleh kuatnya permintaan yang didukung oleh adanya pemulihan. Walaupun Indonesia sempat terhantam varian Delta, ternyata pertumbuhan di kuartal 3 masih berada di 3,7%. Jika Covidnya dapat ditangani dengan baik, seluruh sektor pulih dengan kuat, saya optimis di 2022 penerimaan negara akan tetap kuat” ungkap Sri Mulyani dalam keterangan tertulisnya, Senin 24 Januari 2022.

Tahun 2021 dunia mengalami kenaikan harga komoditas yang turut mendorong penerimaan perpajakan. Namun, ungkap Sri Mulyani, jika harga komoditas tahun 2022 sudah kembali normal, Indonesia memiliki sektor manufaktur, sektor perdagangan, maupun teknologi informasi yang juga menunjukkan kinerja dan rebound yang kuat.

"Indonesia akan mengembangkan industri hilir agar dapat menambah nilai hasil komoditas yang ada. Dengan berbagai aturan baru, Indonesia terus meningkatkan iklim investasi, tingkat kompetitif yang lebih kuat dan lebih baik," ungkapnya.

“Indonesia akan terus memperhatikan assessmen dan rekomendasi kebijakan yang diberikan kepada Indonesia. Itulah yang dilakukan oleh Indonesia saat ini.” tambahnya.

Tags : Penerimaan Negara , Indonesia , Pajak , Non Pajak

Berita Terkait