Gus Halim Minta BUM Desa Tak Saingi UMKM dan Usaha Warga

| Rabu, 02/02/2022 20:33 WIB
Gus Halim Minta BUM Desa Tak Saingi UMKM dan Usaha Warga Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar memberikan apresiasi khusus terhadap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Medali Beraksi, Desa Medali, Kecamatan Puri, Mojokerto, Jawa Timur.

Menurut Halim Iskandar, BUM Desa Medali Beraksi sebagai prototipe BUM Desa ideal karena mampu menjadi konsolidator usaha warga sehingga mempunyai nilai tambah.

“Ini yang saya maksud sebagai BUM Desa ideal itu. BUM Desa itu harus mempunyai unit usaha di mana-mana, misalnya BUM Desa punya usaha supermarket, tidak harus. Cukup berikan nilai tambah terhadap usaha warga di wilayahnya sehingga kian besar dan berdampak nyata bagi peningkatan kesejahteraan warga,” ujar Halim Iskandar di Mojokerto, Senin 1 Februari 2022.

Halim Iskandar menuturkan, BUM Desa Medali Beraksi terbukti mampu memberikan dampak nyata bagi peningkatan kesejahteraan warga Desa Medali. 

“Dengan pendampingan dari BUM Desa akhirnya para perajin sepatu di Desa Medali bisa meningkatkan kuantitas produksi, kualitas produksi, packaging hingga pemasaran ke market Internasional. Nah, di sini BUM Desa maupun para perajin sama-sama mendapat keuntungan,” kata Gus Halim, sapaan akrabnya.

Gus Halim menegaskan bahwa kehadiran BUM Desa maupun BUM Desa Bersama tidak boleh menjadi pesaing baru bagi UMKM dan usaha warga, "Saya sangat bersyukur hari ini di Mojokerto, tempat leluhur saya, saya menemukan BUM Desa seperti yang saya harapkan selama ini," tegasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa