Kemenkes: Tingkat Kesembuhan Kasus Omicron Sangat Tinggi

| Minggu, 06/02/2022 15:36 WIB
Kemenkes: Tingkat Kesembuhan Kasus Omicron Sangat Tinggi Varian baru COVID-19, Omicron. (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyatakan, Covid-19 varian Omicron memiliki karakteristik tingkat penularan yang sangat cepat jika dibandingkan dengan varian Alpha, Beta, dan Delta.

“Dilihat dari gejala lebih ringan dan tingkat kesembuhan juga sangat tinggi,” kata Nadia dalam rilisnya, Minggu 6 Februari 2022.

Nadia mengimbau pasien konfirmasi Omicron tanpa gejala atau gejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, “Pasien yang masuk rumah sakit, 85 persen sudah sembuh, sedangkan yang kasusnya berat, kritis hingga membutuhkan oksigen sekitar 8 persen,” ujarnya.

Nadia menyampaikan, bagi pasien isoman selama saturasi di atas 95 persen ke atas tidak perlu khawatir dan jika ada gejala seperti batuk, flu, demam segera konsultasi melalui telemedisin atau puskesmas setempat.

Dalam penanganan varian Omicron, rumah sakit diprioritaskan untuk pasien dengan gejala sedang, berat, kritis, dan membutuhkan oksigen.

“Melihat kasus Omicron yang kian bertambah, masyarakat tetap waspada jangan sampai lengah. Tetap disiplin protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, hindari kerumunan, dan kurangi mobilitas,” tandasnya.

 

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait