Menteri Ida Fauziyah Dorong Kalangan Santri Melek Teknologi

| Senin, 07/02/2022 17:06 WIB
Menteri Ida Fauziyah Dorong Kalangan Santri Melek Teknologi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menghadiri Wisuda Amtsilati di Pondok Pesantren As-Sa`idiyyah 2 Bahrul Ulum, Jombang, Minggu, 6 Februari 2022 kemarin. 

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah mengingatkan kalangan santri untuk memperkuat diri dengan keterampilan bidang teknologi dan informasi. Menurutnya, keterampilan ini memiliki peran besar untuk membangun kehidupan yang mandiri, serta menjadi alat pendukung untuk berdakwah. 

"Ini tantangan kita. Karena kemajuan teknologi tidak menunggu orang tidak siap. Kemajuan teknologi mengharuskan kita selalu siap," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan tertulisnya.

Menaker Ida Fauziyah menambahkan, untuk membantu para santri memiliki keterampilan yang mumpuni, pihaknya telah membangun program BLK Komunitas. Sebuah lembaga pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga pendidikan keagamaan nonpemerintah seperti pesantren. Sejak 2017 hingga 2020, katanya, Kemnaker telah membangun 2.127 BLK Komunitas yang melatih masyarakat dengan berbagai kejuruan dan program pelatihan. Saat ini, cakupan program BLK Komunitas telah diperluas dengan melibatkan Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB). 

"Penguatan keterampilan khususnya di bidang teknologi dan informasi mutlak diperlukan. Karena perubahan dunia kerja semakin cepat akibat era digitalisasi dan pandemi COVID-19. Kuasai teknologi dan informasi, kalau tidak, kita ketinggalan zaman," ujarnya. 

Tags : Santri , Kemnaker , Teknologi , Informasi

Berita Terkait