Kasus COVID-19 Turun di Lima Provinsi, Tren Peningkatan Geser ke Luar Jawa-Bali

| Senin, 21/02/2022 17:15 WIB
Kasus COVID-19 Turun di Lima Provinsi, Tren Peningkatan Geser ke Luar Jawa-Bali Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa kasus harian COVID-19 di Indonesia beberapa hari terakhir sempat melampaui puncak kasus gelombang Delta tahun lalu yang mencapai 56.757 kasus. Kini, lima provinsi menunjukkan tren penurunan kasus.

Adapun lima provinsi tersebut yakni DKI Jakarta, Bali, Banten, Maluku, dan NTB. Menkes mencatat, setidaknya ada 13 provinsi yang mencatat kasus harian COVID-19 lebih tinggi dari tahun lalu, termasuk lima provinsi di atas.

"Lima di antaranya sudah menunjukkan tren menurun. Yaitu DKI Jakarta, Bali, Banten, Maluku dan NTB," ujar Budi dalam konferensi pers daring, Senin, 21 Februari 2022.

Sementara itu, jelasnya, provinsi lain sedang ada di puncak atau tengah dalam perjalanan mencapai puncak. "Lainnya sedang ada di puncak atau dalam jalan mencapai puncak," tuturnya.

Menkes Budi menyebut, saat ini tren peningkatan kasus COVID-19 mulai bergeser ke area di luar Pulau Jawa-Bali. Untuk itu, masyarakat tetap diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan COVID-19.

Tags : Menteri Kesehatan , COVID-19 , Jawa-Bali , Indonesia