Gerakkan Ekonomi Daerah, Pemerintah Revitalisasi Tiga Pasar Rakyat di Jateng

| Selasa, 22/02/2022 20:13 WIB
Gerakkan Ekonomi Daerah, Pemerintah Revitalisasi Tiga Pasar Rakyat di Jateng Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan RI). (Foto: twitter @Kemendag)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus melaksanakan program revitalisasi pasar rakyat untuk menggerakkan ekonomi di daerah.

Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi mengatakan, ada tiga tiga pasar rakyat di Provinsi Jawa Tengah yang diresmikannya, yakni Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang di Kebumen, serta Pasar Purworejo di Purworejo.

“Kegiatan revitalisasi pasar tidak hanya bicara tentang memperbaiki dan merawat pasar rakyat. Kita bicara tentang revitalisasi sentra kearifan lokal dan sentra penggerak ekonomi di daerah dengan perbaikan pasar tersebut. Hal yang kita perlukan adalah bagaimana pasar mendekatkan pedagang dengan pembeli,” kata Mendag Lutfi dalam keterangan persnya, Selasa 22 Februari 2022.

Saat meresmikan Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang di Kebumen, Mendag Lutfi berharap masyarakat Kebumen dapat mengelola dan memelihara dengan baik kedua pasar yang sudah terbangun ini.

“Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang dibangun melalui Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan Tahun 2021. Kedua pasar ini menjual bahan pangan kering dan basah, komoditas nonpangan, dan makanan siap saji,” katanya.

Sementara itu, pada peresmian Pasar Purworejo di Purworejo, Mendag Lutfi menyambut baik berbagai upaya menjawab tantangan masa depan melalui digitalisasi pasar rakyat, baik dari sisi finansial maupun infrastruktur.

“Digitalisasi pasar merupakan hal penting untuk terus meningkatkan kesejahteraan di daerah tersebut,” kata Mendag Lutfi.

Pasar Purworejo dibangun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Purworejo Tahun Anggaran 2020. Pasar ini berdiri di atas lahan seluas 21.638 meter persegi dengan luas bangunan pasarnya sendiri sekitar 12.792 meter persegi.

 

Tags : Kemendag , Revitalisasi Pasar

Berita Terkait