Pemerintah Luncurkan Program Aku Siap Ekspor 2.0

| Rabu, 23/02/2022 19:47 WIB
Pemerintah Luncurkan Program Aku Siap Ekspor 2.0 Gedung Kemendag (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) meluncurkan program Aku Siap Ekspor (ASE) 2.0 di Jakarta, Rabu, 23 Februari 2022.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyampaikan bahwa program tersebut merupakan kelanjutan dari program ASE tahap pertama namun dengan cakupan produk dan jangkauan pasar ekspor yang lebih luas.

“ASE tahap ke-1 disambut dengan antusias oleh eksportir. Oleh sebab itu, Kemendag meluncurkan program kedua dengan nama ASE 2.0. Cakupan program ini diperluas, bukan hanya produk dekorasi rumah, tetapi juga furnitur dan produk gaya hidup,” ujar Didi Sumedi.

Didi mengungkapkan, target pasar ASE 2.0 diperluas dengan merambah ke negara yang memiliki perjanjian dagang dengan Indonesia, baik secara regional maupun bilateral di antaranya Jepang, Australia, Swiss, Norwegia, Korea Selatan, Chile, Tiongkok, Mozambik, dan negara kawasan ASEAN.

“Diharapkan eksportir Indonesia lebih proaktif memanfaatkan preferensi penurunan tarif serta mendorong pengembangan ekspor ke negara-negara nontradisional,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Program ASE yang juga Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Made Marthini mengatakan, program tersebut ditargetkan memberikan pendampingan kepada 50 pelaku usaha yang sebelumnya akan diseleksi scara ketat.

“Perusahaan yang telah lolos seleksi diwajibkan merangkul pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di luar Jawa dan Bali sebagai mitra pemasok atau UMKM asuh untuk menciptakan efek yang lebih besar. Pola kemitraan ini sangat ideal karena eksportir dan pelaku UMKM dapat saling membantu dan berkolaborasi,” terangnya.

 

Tags : Ekspor , Kemendag