Dorong Pengembangan Desa Ekspor, Kemendes Gandeng PT Astra International

| Rabu, 02/03/2022 19:44 WIB
Dorong Pengembangan Desa Ekspor, Kemendes Gandeng PT Astra International Kementerian Desa PDTT melakukan penandatangan kerjasama dalam pengembangan desa ekspor (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama PT. Astra International, Tbk, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan penandatanganan kesepakatan bersama untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan desa ekspor. Penandatangan dilakukan di Operational Room, Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu, 2 Maret 2022.

Kesepakatan Bersama tersebut memiliki tujuan yakni pertama, membangun sinergi program dan kegiatan para pihak guna penyelenggaraan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Pengembangan Desa Ekspor. Kedua, Membangun komitmen dan kolaborasi aksi untuk kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Pengembangan Desa Ekspor. Terakhir sebagai landasan bagi para pihak dalam melaksanakan kerja sama penyelenggaraan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Pengembangan Desa Ekspor.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Taufik Madjid dalam sambutannya menyampaikan, penandatanganan kesepahaman ini merupakan hal yang sangat positif bagi desa untuk menuju desa ekspor. Menurutnya, sudah saatnya desa harus didorong dan ikut serta dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi nasional, serta terlibat dalam kedaulatan pangan Indonesia.

“Karena itu sekali lagi, apa yang kita lakukan, penandatanganan untuk pengembangan ekonomi untuk menuju desa ekspor, desa yang kuat. Mudah-mudahan ini bisa terus berlanjut, tidak hanya sekadar tanda tangan,” ungkapnya.

Sementara PT. Astra International identifikasi, pembiayaan CSR dan pelibatan champion lokal dan peluang jaringan pemasaran di luar negeri. Lalu, Kementerian Desa PDTT dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendukung dalam hal-hal terkait kebijakan pengembangan produk unggulan desa.

Tags : Kemendesa PDTT , Desa Ekspor