Ketua DPR RI Tekankan Kerja Sama Global Pastikan Partisipasi Aktif Perempuan

| Senin, 21/03/2022 21:16 WIB
Ketua DPR RI Tekankan Kerja Sama Global Pastikan Partisipasi Aktif Perempuan Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menekankan pentingnya kerja sama global untuk memastikan partisipasiaktif perempuan dalam berbagai bidang. Sebab, Puan menilai perempuan telah mengalami dampak dari menghadapi berbagai tantangan yang berpengaruh bagi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dunia.

"Kita menghadapi tantangan pandemi, kita tengah menghadapi ancaman ketegangan geopolitik dan kita menghadapi tantangan meningkatnya dampak perubahan iklim," ujarnya dikutip dari laman resmi DPR RI, Senin, 21 Maret 2022.

Dipaparkannya, selama beberapa tahun terakhir perempuan telah banyak berkiprah di dunia politik. Pada tahun 2021 dari 73 orang yang terpilih sebagai ketua parlemen seluruh dunia, 18 orang diantaranya atau sebanyak 24,7 persen adalah perempuan.

Sementara itu, proporsi global anggota parlemen perempuan juga telah meningkat sebesar 0,6 persen menjadi 26,1 persen. "Oleh karena itu, kita perlu terus memastikan partisipasi aktif perempuan pada proses pengambilan keputusan, terutama di badan publik," tuturnya.

Terkait dengan kesetaraan gender, Puan juga mengingatkan pentingnya perempuan mendapatkan akses yang sama kepada kekuasaan dan untuk menjadi bagian dalam pengambilan keputusan. Mereka yang memegang kekuasaan, menurut Puan harus memiliki wawasan untuk mengambangkan kesetaraan gender.

"Dalam konteks IPU, Kelompok Kemitraan Gender IPU telah menjadi landasan bagi kemitraan yang lebih baik antara anggota parlemen laki-laki dan perempuan. IPU harus berada di garis terdepan `lead by example` dalam mengarusutamakan kesetaraan gender. IPU harus berada di garda terdepan dalam mendorong partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan," tukasnya.

Untuk itu, Puan menilai, pemberdayaan perempuan tidak dapat terwujud tanpa adanya akses terhadap pendidikan. Karenanya, penting untuk menjamin kesetaraan akses bagi perempuan dalam menempuh pendidikan berkualitas.

Terakhir, Puan mengajak seluruh delegasi yang hadir dalam Sidang IPU ke-144 untuk bersama-sama meneguhkan komitmen dan berperan untuk menggerakkan perubahan demi kesetaraan gender bagi masyarakat di negara masing-masing.

"Jika kemajuan perempuan dijamin, maka suatu negara akan maju, jika partisipasi politik perempuan didorong, maka demokrasi akan berkembang, jika kesetaraan gender dijamin, maka keadilan akan tercapai," tutupnya.

Tags : DPR RI , Perempuan , Parlemen , IPU