Deklarasi Perubahan Iklim IPU ke-144 Hasilkan Sejumlah Keputusan

| Jum'at, 25/03/2022 22:48 WIB
Deklarasi Perubahan Iklim IPU ke-144 Hasilkan Sejumlah Keputusan Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat membuka gelaran Parlemen Dunia di Bali. (foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Majelis Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 telah berhasil menghasilkan sejumlah keputusan, salah satunya adalah dalam hal isu perubahan iklim (climate change). Ketua DPR RI, Puan Maharani yang memimpin sidang tersebut menghasilkan berbagai aspirasi yang akan terus dilanjutkan terkait perubahan iklim.

"Yaitu terkait dengan penguatan aksi nasional untuk mewujudkan komitmen global," ujar Puan saat memimpin Sidang IPU ke-144 di Nusa Dua, Bali, Kamis, 24 Maret 2022.

Selain itu, jelasnya, perubahan iklim juga membutuhkan dukungan kuat untuk melakukan upaya mitigasi dan adaptasi. Sehingga, lanjutnya, dukungan terhadap pembiayaan iklim bagi negara berkembang sebesar US$ 100 miliar harus segera dipenuhi.

Pada kesempatan itu, dalam deklarasi juga disinggung soal percepatan transisi energj dari fosil ke Energi Baru dan Terbarukan (EBT), serta perlunya upaya yang inklusif terhadap aksi mengatasi dampak perubahan iklim.

Puan memaparkan, juga telah disepakati dua Resolusi yang menjawab tantangan kondisi saat ini. Yaitu, resolusi di Standing Committee on Peace and Security menekankan kembali pentingnya prinsip-prinsip yang tertuang dalam piagam PBB serta peran parlemen dalam mempromosikan rekonsiliasi, dan stabilitas di wilayah konflik.

"Komitmen kuat untuk menyelesaikan perang dan konflik di berbagai belahan dunia diperlukan, sehingga tercapai perdamaian dunia dan budaya damai menjadi kehidupan masyarakat dunia," tukasnya.

Adapun lewat Majelis IPU ke-144 ini, kata Puan, telah berhasil menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa, parlemen telah mendorong kerja sama internasional dalam mempromosikan solidaritas global. "Parlemen menjawab tantangan dan masalah global melalui agenda kerja bersama secara global dan di masing-masing negara," tuturnya.

Tags : DPR RI , IPU , Perubahan Iklim , Parlemen , Global