Gus Halim Terus Perjuangkan Kenaikan Honor PLD

| Selasa, 05/04/2022 16:31 WIB
Gus Halim Terus Perjuangkan Kenaikan Honor PLD Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim terus berusaha meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan para Pendamping Lokal Desa (PLD) termasuk kenaikan honorariumnya.

"Saya terus perjuangkan hal ini dengan kordinasi dengan berbagai pihak. Informasi yang saya terima sudah berada di meja Menkeu. Semoga segera ada jawaban atas ikhtiar ini,” ujar Gus Halim di Sentul, Bogor, Senin 4 Maret 2022 malam.

Gus Halim mengatakan pendamping desa merupakan ujung tombak dari pembangunan desa. Menurutnya keberadaan pendamping desa turut menentukan eksistensi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

“Penopang eksistensi Kemendes itu, Pertama, Birokrat, Kedua adalah Pendamping Desa,” ujarnya.

Begitu strategisnya peran pendamping desa, lanjut Gus Halim dalam berbagai kesempatan dirinya selalu menyebut pendamping desa sebagai anak kandung dari Kemendes PDTT. Maka upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan mereka pun terus diupayakan.

“Selain kesejahteraan kami juga berupaya untuk meningkatkan kapasitas para pendamping dengan program RPL Desa,” katanya.

Terakhir Gus Halim berharap segala upaya tersebut dapat memperkuat eksistensi pendamping desa dalam rangka pencapaian tujuan SDGs Desa. Olehnya, para pendamping desa juga harus memahami secara utuh dan komprehensif SDGs Desa dengan 18 Goals dan 222 Indikator.  "Pembangunan desa akan dibawa sesuai dengan arah yang tercantum dalam SDGs Desa," pungkasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa