Presiden Jokowi Minta KPU dan Bawaslu Tancap Gas Menuju Pemilu 2024

| Selasa, 12/04/2022 21:35 WIB
Presiden Jokowi Minta KPU dan Bawaslu Tancap Gas Menuju Pemilu 2024 Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Masa Jabatan Tahun 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 12 April 2022.

Presiden Jokowi berharap KPU dan Bawaslu segera tancap gas dalam mempersiapkan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang dengan melakukan koordinasi dengan DPR dan Pemerintah sesuai tugas dan kewenangan.

“Saya harapkan anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja saya lantik dapat segera bekerja, dapat segera tancap gas, langsung berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah menjalankan tugas dan kewenangannya untuk mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan pada tahun 2024,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, tahun 2024 merupakan kali pertama penyelenggaraan pemilihan presiden (Pilpres), pemilihan legislatif (pileg), dan pemilihan kepala daerah digelar serentak.

“Tahapan awal akan dimulai pada 14 Juni 2022. Ini penting dilakukan, karena untuk pertama kalinya kita akan menyelenggarakan pileg, pilpres, dan pilkada dalam tahun yang sama, sehingga KPU dan Bawaslu harus segera mempersiapkan semuanya secara detail dan matang, menjaga agar kualitas demokrasi tetap terjaga,” ujarnya.

Seperti diketahui, anggota KPU dan Bawaslu telah dilantik. Adapun nama-nama Anggota KPU antara lain: Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz.

Sedangkan anggota Bawaslunya antara lain: Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

 

 

Tags : Presiden Jokowi , KPU , Bawaslu , Pemilu , Pilkada