Wow! 40 Juta Mobil-Motor Bakal Dipakai Mudik Lebaran

| Selasa, 19/04/2022 21:35 WIB
Wow! 40 Juta Mobil-Motor Bakal Dipakai Mudik Lebaran mudik sendiran (foto:gridoto.com)

RADARBANGSA.COM - Mudik lebaran tahun ini menjadi momen bagi masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Hal itu mengingat dua tahun terakhir pemerintah melarang masyarakat untuk mudik lebaran sehingga diprediksi animo masyarakat tinggi untuk mudik lebaran tahun ini.

Diprediksi akan ada 40 juta mobil dan motor bakal digunakan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Karena itu, pemerintah terus mempersiapkan sarana infrastruktur agar mudik lebaran tahun ini berjalan lancar.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengingatkan masyarakat agar mempercepat mudik lebaran bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman. Sehingga tidak ada penumpukan laju kendaraan saat puncak arus mudik nanti.

"Akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik. Ini adalah jumlah yang sangat besar dan diperkirakan akan terjadi kemacetan parah," kata Presiden Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden yang dilihat pada Selasa, 19 April 2022.

Pemerintah juga telah menyiasati kemacetan parah di sepanjang jalur mudik. Di sisi lain, Jokowi juga mengimbau agar masyarakat bisa mudik sebelum puncaknya yakni tanggal 28-30 April 2022.

Korlantas Polri juga telah menyiapkan rencana untuk melancarkan arus mudik 2022. Mulai dari sistem satu arah atau one way, hingga ganjil genap.

"Dalam mengantisipasi itu pemerintah telah menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui aturan ganjil genap, one way, dan larangan truk masuk jalan tol. Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal tentu saja menyesuaikan jadwal libur dari tempat bekerja," ujar Jokowi.

Bagi Anda yang berniat mudik dengan menggunakan mobil ataupun motor pribadi, ada baiknya juga memenuhi persyaratan seperti tertuang dalam Surat Edaran (SE) No. 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19.

Tags : Mudik , Mobil , Motor , Lebaran