Menteri PUPR Sebut Perbaikan Tol Bakauheni Hingga Palembang Sudah Selesai

| Selasa, 26/04/2022 20:05 WIB
Menteri PUPR Sebut Perbaikan Tol Bakauheni Hingga Palembang Sudah Selesai Jalan tol trans Sumatera Bakauhunei-Terbanggi Besar. (Foto: twitter @Pujangga1123)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa perbaikan Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung hingga Kramasan-Palembang sepanjang 376 km sudah selesai dan siap dilintasi pemudik yang menyeberang lewat Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung menuju kota-kota di Sumatera.

"Untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sudah aman dan nyaman, bisa dilalui dengan kecepatan hingga 100km/jam," ujar Basuki di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa, 26 April 2022.

Meskipun begitu, untuk terbanggi Besar-Kayu Agung hingga Palembang, Basuki mengimbau pemudik untuk menjalankan kecepatan maksimal di kecepatan 80 km/jam. "Hal ini dikarenakan meskipun sudah aman tidak berlubang tapi masih kurang nyaman kondisi jalannya, masih ada beberapa ruas yang akan kita rekonstruksi setelah Lebaran 2022," tukasnya.

Sedangkan untuk perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan, Menteri Basuki memastikan juga sudah selesai dan siap dilalui pemudik.

"Untuk perbaikan 150 lubang yang ada sekarang sudah selesai," tutur Menteri Basuki.

Berdasarkan data yang dirilis ASDP Cabang Merak, hingga H-7 Lebaran jumlah penumpang yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni tercatat 44.281 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 2.054 orang dan penumpang di dalam kendaraan 42.227 orang. Sedangkan kendaraan yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni tercatat sebanyak 9.837 kendaraan.

Tags : Menteri PUPR , Jalan Tol , Trans Sumatera

Berita Terkait