Beberapa Daerah di Jabar Diguncang Gempa M4,8

| Selasa, 26/04/2022 20:40 WIB
Beberapa Daerah di Jabar Diguncang Gempa M4,8 Gempa di Sukabumi (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Gempabumi dengan M 4,8 mengguncang beberapa wilayah di Jawa Barat pada Selasa pagi, Selasa, 26 April 2022.

Dikutip laman bnpb, gempa tersebut berpusat di 56 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi dan 7.48 lintang selatan dan 106.68 bujur timur memiliki kedalaman 25 kilometer.

"Pusdalops BNPB melaporkan, gempa tersebut dirasakan di beberapa titik, antara lain Kabupaten Sukabumi, masyarakat meraska gempa berkekuatan lemah selama 5 hingga 10 detik. Kemudian di Kabupaten Garut gempa dirasakan lemah selama 5 detik dan masyarakat di Kabupaten Pangandaran merasakan gempa dengan guncangan lemah selama 5 hingga 10 detik," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, kata Abdul Muhari, masyarakat yang merasakan gempa di tiga lokasi tersebut tidak mengalami kepanikan, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan maupun korban luka pascakejadian gempa.

"Berdasarkan kajian InaRISK BNPB, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Garut dan Kabupaten Pangandaran memiliki risiko bencana gempabumi kategori sedang hingga tinggi," katanya.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempabumi, diharapkan masyarakat dapat mengetahui langkah-langkah evakuasi ketika gempa terjadi.

Tags : Gempa , BMKG , BNPB