Sri Mulyani Dorong Pemerintah Pusan dan Daerah Genjot Belanja Negara

| Selasa, 10/05/2022 18:07 WIB
Sri Mulyani Dorong Pemerintah Pusan dan Daerah Genjot Belanja Negara Menkeu Sri Mulyani Indrawati (foot: kemenkeu)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mendorong pemerintah pusat dan daerah segera menggenjot belanja untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi.

Menurutnya, realisasi belanja negara hingga akhir Maret 2022 tercatat sebesar Rp490,6 triliun atau 18,1 persen dari pagu APBN 2022, terkontraksi 6,2 persen (yoy). Adapun realisasi belanja barang menurun seiring meredanya hantaman pandemi Covid-19.

“Sementara itu, belanja modal 2022 difokuskan untuk menyelesaikan proyek infrastruktur prioritas agar bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulisnya, Selasa 10 Mei 2022.

Di sisi lain, lanjut Menkeu Sri Mulyani, Pemerintah juga akan terus mengantisipasi peningkatan belanja subsidi dan kompensasi sebagai dampak kenaikan harga komoditas.

“APBN hadir dalam bentuk melindungi masyarakat, baik dalam bentuk bansos atau belanja subsidi dan kompensasi yang memang akan mengalami kenaikan cukup tajam, tapi kinerja APBN tetap atau mulai terlihat menuju ke dalam tren penyehatan,” ungkap Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan, Pemerintah juga terus mempercepat realisasi program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PC-PEN) untuk menjaga daya beli masyarakat dan mengakselerasi pemulihan ekonomi. Program PC-PEN 2022 dialokasikan sebesar Rp455,62 triliun.

“Jadi pada saat guncangan tahun 2022 ini bergeser dari pandemi kepada guncangan yang mengancam sisi daya beli, terutama kelompok rentan dan menekan secara sosial, APBN juga hadir melindungi masyarakat melalui berbagai belanja sosial ini,” tandasnya.

Tags : PEN , Pandemi Covid19 , Kemenkeu