Pemerintah Pantau dan Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran

| Selasa, 10/05/2022 18:58 WIB
Pemerintah Pantau dan Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran Varian baru COVID-19, Omicron. (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus memantau perkembangan dan mengantisipasi peningkatan kasus COVID-19 pascalibur Lebaran tahun 2022.

“Nah sekarang kita sudah tujuh hari sesudah hari raya, jadi kami mengusulkan kepada Bapak Presiden kalau kita tunggu dulu sekitar 20-25 hari ke depan untuk melihat apakah ada pola kenaikan yang sama, seperti liburan Lebaran dan liburan Natal dan Tahun Baru sebelumnya,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin 9 April 2022.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah memonitor dan mengamati perkembangan kasus terutama jika ada varian baru Covid-19.

“Kami sekarang ada di fase monitoring dengan waspada, dengan hati-hati.  Satu hal yang kami lakukan monitoring adalah varian baru yang ada di dunia, karena kami mengamati bahwa lonjakan kasus itu terjadi kalau ada varian baru,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Menkes Budi, Pemerintah juga terus meningkatkan laju vaksinasi nasional. Cakupan vaksinasi di tanah air saat ini mencapai 406 juta dosis dan diterima oleh sekitar 199,3 juta masyarakat.

“Jadi kalau dulu pertama kali di awal vaksinasi 13 Januari tahun lalu disampaikan oleh satu majalah terkemuka internasional, Indonesia butuh 10 tahun, sekarang dalam waktu 16 bulan kita sudah berhasil menyuntikkan 406 juta dosis vaksin ke seluruh masyarakat Indonesia,” tandasnya.

Tags : Lebaran , Covid19