Perkuat Ekonomi, Indonesia Ajak Anggota APEK `Kembali ke Perdagangan`

| Senin, 23/05/2022 18:29 WIB
Perkuat Ekonomi, Indonesia Ajak Anggota APEK `Kembali ke Perdagangan` Asia Pacific Economic Cooperation-APEC (imager: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi menyerukan agar anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) ‘Kembali ke Perdagangan’ untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 dan menghadapi tantangan geopolitik.

“Kita harus kembali ke perdagangan, kita harus kembali ke ekonomi, kita harus kembali ke jalur pertumbuhan. Krisis pandemi Covid-19 mengajarkan bahwa tanpa kerja sama antarnegara, tantangan dunia yang terus berdatangan akan semakin sulit dibendung. Artinya, kerja sama antarekonomi menjadi kunci pemulihan dunia,” kata Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi saat menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri (APEC) Ministers Responsible for Trade (MRT), ke-28 di Bangkok, Thailand, Minggu 22 Mei 2022.

Mendag Lutfi mengungkapkan, perdagangan merupakan tulang punggung kesejahteraan dan salah satu kunci perdamaian dunia. Untuk mencapai hal tersebut, APEC harus bersama-sama sepakat untuk kembali kepada ekonomi demi perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Menurut Mendag Lutfi, tantangan geopolitik turut mewarnai Pertemuan APEC MRT ini karena memberikan dampak signifikan bagi suplai perdagangan global, harga komoditas, dan inflasi. Terlebih saat ini seluruh dunia masih berupaya untuk pulih dari krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Krisis pandemi Covid-19 memberikan tantangan bagi Indonesia. Pada dua tahun terakhir kami berjuang keras untuk keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah (middle income trap),” ujar Mendag Lutfi.

Tags : APEC , Indonesia

Berita Terkait