Lewat Kick Off Change Source, Kemenkes Fasilitasi Penggunaan Bahan Baku Obat Dalam Negeri

| Kamis, 02/06/2022 20:57 WIB
Lewat Kick Off Change Source, Kemenkes Fasilitasi Penggunaan Bahan Baku Obat Dalam Negeri Obat - Obatan (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menghadiri Kick Off Change Source Penggunaan Bahan Baku Obat Dalam Negeri yang dilaksanakan di PT. Kimia Farma Sungwun Pharmacopia, Cikarang, Bekasi, Kamis 2 Juni 2022.

Dilansir kemenkes, fasilitas change source merupakan komitmen pemerintah untuk memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri (PDN) dan menjadi milestone dalam mewujudkan ketahanan sektor kefarmasian di tanah air, dengan tetap memperhatikan pemenuhan syarat produk yang aman, bermutu, dan berkhasiat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pemerintah dalam mewujudkan kemandirian sediaan farmasi dalam negeri melalui pemanfaatan bahan baku obat dalam negeri termasuk dalam hal ini Holding BUMN Farmasi.

“Bahan baku mulai dari hulu ke hilir kalau bisa di dalam negeri, siapa yang buat terserah, jadi kalau ada pandemi lagi kita tidak perlu cari dari luar, jadi yang kita lakukan adalah salah atau program di transformasi sistem kesehatan yaitu membangun industri bahan baku obat,”kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Selain percepatan pengembangan bahan baku obat dalam negeri, Menkes Budi Gunadi Sadikin juga mendorong Dirjen Kefarmasian dan alat kesehatan untuk mengembangkan obat-obatan berbasis plasma dan obat-instan.

“Kami di Kementerian Kesehatan akan lebih agresif lagi untuk membangun industri obat berbasis bioteknologi yang merupakan bagian transformasi ke-6 yakni transformasi biokteknologi kesehatan,” tandasnya.

Tags : Bahan Baku Obat , Kemenkes

Berita Terkait