IKA PMII Jabar Dukung Gus Muhaimin Maju Capres 2024

| Senin, 06/06/2022 16:31 WIB
IKA PMII Jabar Dukung Gus Muhaimin Maju Capres 2024 Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (foto: radarbangsa)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM – Ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jawa Barat Nu`man Abdul Hakim mendukung langkah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menurut Nu’man, sebagai ketua umum partai politik (parpol), tidak ada alasan bagi Gus Muhaimin untuk tidak berani maju sebagai capres. ”Kalau Cak Imin bertekad sebagai capres, kenapa tidak? Wong Pak Emil (Ridwan Kamil), gubernur kita yang tidak punya partai saja mau jadi capres. Pak Erick Thohir nggak ada partai, kemarin datang ke Ansor, mau jadi capres,” katanya saat pelantikan Pengurus Wilayah Ikatan Alumni PMII Jabar di Kota Bandung, Minggu (5/6/2022).

Mantan Wakil Gubernur Jabar ini mengatakan bahwa justru salah kalau ketua umum parpol tidak berani maju sebagai capres. ”Jadi capres tanpa partai itu ada. Kalau ketua partai tak maju sebagai capres, ya salah. Harus berniat. Kalau Pak Muqowam (Ahmad Muqowam Ketua Umum IKA PMII) jadi ketua umum PPP, saya dorong sebagai capres,” katanya.

Nu’man mengatakan bahwa sebagai ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) PB PMII dan mantan ketua umum PB PMII, sudah selayaknya ketika Gus Muhaimin mendeklarasikan diri sebagai capres. ”Ini adalah starting point. Ini sampeyan sebagai tokoh PMII, mantan ketua umum PB PMII, kalau gak declare (sebagai capres), mana ada parpol dukung Anda,” urainya.

Menurutnya, segenggam kekuasaan jauh lebih berharga daripada segudang gandum. Artinya, PMII akan bisa melakukan lebih banyak pengabdian kepada masyarakat jika ada keluarga besar PMII yang bisa memegang kekuasaan. ”Dengan kekuasaan kita bisa menegakkan keadilan, merumuskan kebenaran. Kita harus punya tekad untuk itu. Kalau nggak, kita jadi tukang tepuk tangan saja,” tuturnya.

Nu`man mengatakan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) memiliki andil besar terhadap berdirinya Republik ini. Karena itu, PMII harus bisa menjadi bagian dari pemegang kekuasaan di Indonesia. ”Mudah-mudahan Ketua Mabinas PMII ini, Gus Muhaimin memiliki jalan terbaik buat puncak kekuasaan. Butuhnya kita di PMII, kita harus terus bergerak sebagai pemilik Republik ini. Cak Imin sudah memulai,” katanya.

Menurutnya, selama ini putra-putri NU memiliki banyak keterbatasan dalam mengakses pendidikan tinggi dan berbagai hal lainnya. Misalnya, ketika anak muda NU ingin melanjutkan pendidikan di jurusan kedokteran, mereka kerap terkendala biaya yang begitu mahal. Karena itu, orang-orang NU harus bisa memegang kekuasaan sehingga bisa membuat kebijakan yang berpihak kepada keluarga besar NU. ”Tema keadilan sosial, kejujuran, rahmatan lil alamin, ini milik NU. Karena itu, saya dorong Cak Imin (sebagai capres). Inilah deklarasi saya. Masuk ini barang,” tuturnya.

Nu’man mengatakan, Bandung dan lebih luas Jawa Barat adalah wilayah yang sangat penting dalam perpolitikan nasional. ”Jabar ini ‘silent killer’. Jabar harus kita bangkitkan menjadi milik PMII,” katanya.

Tags : Gus Muhaimin , PKB , CAPRES 2024 , PMII