Rumah Warga Kendal Rusak Akibat Diterjang Hujan dan Angin Kencang

| Senin, 06/06/2022 18:53 WIB
Rumah Warga Kendal Rusak Akibat Diterjang Hujan dan Angin Kencang Pohon Tumbang (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Sebanyak dua puluh enam rumah rusak ringan disebabkan hujan disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, Minggu, 5 Juni 2022 siang.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyampaikan, tim kaji cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal melaporkan 5 titik lokasi terdampak angin kencang yakni di Kecamatan Kendal, yakni Kelurahan Karangsari, Patukangan, Kebondalem, Pakauman dan Pegulon.

“Selain rumah warga yang terdampak, petugas juga melaporkan satu rumah makan rusak berat, satu rumah makan rusak ringan dan dua unit kendaraan roda empat rusak sedang,” kata Abdul Muhari dalam rilisnya, Senin 6 Juni 2022.

Kondisi terkini, kata Abdul Muhari, pohon tumbang yang menutup akses jalan dan menimpa rumah telah dilakukan pemotongan dan pembersihan oleh petugas, kondisi jalan telah kembali normal dan dapat dilalui. 

“Petugas gabungan juga terus melakukan pendataan dan evakuasi pohon tumbang di beberapa titik lokasi,” tukasnya.

Menyikapi adanya fenomena angin kencang yang kerap terjadi, kata Abdul Muhari, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga tetap siaga dan waspada terhadap potensi cuaca ekstrem.

“Angin kencang merupakan peristiwa hidrometeorologis yang meningkat intensitasnya pada masa peralihan musim, umumnya terjadi di peralihan musim panas ke musim penghujan,” katanya.

 

 

 

 

 

 

Tags : Pohon Tumbang , BNPB , Bencana

Berita Terkait