Gus Halim Ajak Masyarakat Pamerkan Wisata di Desa Melalui Aplikasi Desa Wisata Nusantara

| Jum'at, 24/06/2022 19:01 WIB
Gus Halim Ajak Masyarakat Pamerkan Wisata di Desa Melalui Aplikasi Desa Wisata Nusantara Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengajak lapisan masyarakat di seluruh tanah air untuk memamerkan wisata desa melalui aplikasi desa wisata nusantara.

"Aplikasi Desa Wisata Nusantara dapat menunjukkan Wisata Desa terdekat di lokasi kita sehingga memudahkan kita mengunjungi satu atau lebih Desa Wisata dalam satu waktu," kata Mendes PDTT Halim Iskandar saat hadir di acara penghargaan program Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN/Swasta dan Promosi Desa Wisata Nusantara di Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.

Menurut Gus Halim, sapaan akrabnya melalui aplikasi desa wisata nusantara, wisatawan lokal maupun manca negara dalam lebih mudah mengakses informasi destinasi di sekitaranya. Informasi itu mencakup, informasi akses, fasilitas dan lainnya.

“(Ini) memudahkan kita untuk berkunjung banyak tempat di satu waktu. Selain itu, Melalui aplikasi, kita bisa mengukur bagaimana bumdes dan ataupun bumdesa mempromosikan melalui aplikasi. Salah satunya melalui like yang di dapatkan,” ujarnya.

Untuk diketahui, terdapat 1407 destinasi wisata desa yang dikelola BUM Desa dan BUM Desa Bersama dan telah terdaftar dalam aplikasi desa wisata nusantara.  Sejak semester awal, terdapat 10 destinasi wisata yang ditetapkan sebagai desa wisata yang paling banyak disukai oleh masyarakat. Salah satunya adalah desa wisata Buton di Sulawesi uatara. 

 

 

 

 

 

 

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa