Menaker Ida Siapkan Langkah Strategis Hadapi Tantangan Megatren

| Senin, 27/06/2022 18:39 WIB
Menaker Ida Siapkan Langkah Strategis Hadapi Tantangan Megatren Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyiapkan langkah-langkah strategis dalam menghadapi tantangan-tantangan megatren yang akan berlangsung terus hingga 2045.

"Megatren merupakan tantangan bagi perekonomian dan sektor ketenagakerjaan yang mengakibatkan banyak disrupsi atau perubahan di berbagai bidang," kata Menteri Keternagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Semarang, Sabtu 25 Juni 2022 lalu.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, tantangan megatren tersebut seperti kemajuan teknologi, perubahan iklim, dan persaingan sumber daya alam harus diantisipasi dengan baik salah satunya dengan 9 lompatan besar Kemnaker.

"9 lompatan Kemnaker ini kebijakan strategis untuk mengubah dan mentransformasikan dunia ketenagakerjaan Indonesia agar siap menghadapi semua perubahan, termasuk di dalamnya menghadapi megatren," ucapnya. 

Menaker Ida menyampaikan bahwa transformasi program perluasan kesempatan kerja dilakukan guna meningkatkan pelaksanaan program secara efektif dan berkesinambungan agar mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Melalui langkah ini, katanya, Kemnaker ingin menjadikan program perluasan kesempatan kerja yang sudah dilaksanakan menjadi lebih efektif dan efisien untuk menekan pengangguran serta membuka lapangan kerja berkualitas terutama bagi generasi muda.

"Melalui program ini kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan usaha baru yang dimotori oleh talenta muda untuk berkontribusi pada perekonomian di era paska pandemi covid-19," tandasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Tags : Megatren , Ida Fauziyah , 9 Lompatan Besar

Berita Terkait