Tingkatkan SDM, Kemnaker Gandeng World Forest

| Kamis, 30/06/2022 16:40 WIB
Tingkatkan SDM, Kemnaker Gandeng World Forest Kemnaker melakukan kerjasama dengan World Forest Jepang untuk meningkatkan kompetensi SDM (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan kerja sama dengan World Forest untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pelatihan vokasi yang sesuai standar industri.

"Saya ingin World Forest dapat membawa standar industri yang ada di Jepang untuk mengembangkan kejuruan pelatihan vokasi yang sesuai dengan standar Jepang," kata Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Budi Hartawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis 30 Juni 2022.

Menurut Budi Hartawan, tantangan bonus demografi saat ini harus dimanfaatkan secara maksimal melalui kerja sama dari berbagai pihak termasuk dengan mitra asing. Tentu kerja sama dengan World Forest tersebut merupakan bukti keseriusan kedua belah pihak agar pelatihan yang sesuai dengan standar industri di Jepang dapat segera terlaksana di balai-balai pelatihan vokasi.

Budi juga mengharapkan World Forest juga menjembatani asosiasi industri di Jepang untuk dapat membuka tempat uji kompetensi di Indonesia.

"Ini dimaksudkan agar peserta pelatihan yang telah mengikuti pelatihan dan mengikuti sertifikasi di Indonesia dapat segera berpartisipasi dalam program pemagangan," harapnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah