Tingkatkan Kompetensi SDM, Pemerintah Lakukan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

| Jum'at, 01/07/2022 22:20 WIB
Tingkatkan Kompetensi SDM, Pemerintah Lakukan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Dok Kementerian PUPR RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) konstruksi yang terampil dan profesional.

“Pada Tahun Anggaran 2022, pelatihan dan sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) ditargetkan sebanyak 46.790 orang terdiri dari 17.800 orang TKK reguler dan 28.990 orang TKK vokasi,” kata Menteri Basuki Hadimuljono dalam rilisnya, Jumat, 1 Juli 2022.

Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, hingga 27 Juni 2022, tercatat realisasi pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi tahun 2022 mencapai 25.963 orang atau sebesar 50% setelah automatic adjustment. Di mana sebanyak 1.745 orang TKK reguler dan 24.218 orang TKK vokasi. 

"Kementerian PUPR juga mempunyai tanggung jawab mengembangkan SDM yang kompeten di bidang infrastruktur PUPR," tambahnya.

Sementara itu, Dirjen Bina Konstruksi, Kementerian PUPR Yudha Mediawan mengatakan tantangan dalam layanan sertifikasi adalah masih banyak Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang menunggu proses lisensi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

"Sampai saat ini kurang lebih ada 15 LSP sudah mendapat lisensi BNSP dan baru 6 yang beroperasi. Sisanya sebanyak 9 LSP masih menyelesaikan hal teknis untuk bisa beroperasi," tandasnya.

Tags : PUPR , Pemulihan Ekonomi Nasional , Pandemi